Sunday, April 22, 2012

TypeFace History


Typografi adalah ilmu design yang mempelajari bentuk dan penggunaan suatu set huruf sebagai bagian dari komunikasi. Berfungsi juga sebagai elemen design utama yang membutuhkan pemakaian yang tepat agar komunikasi efektif dapat tercapai. Typografi dapat terlihat elegan bila dibuat secara atraktif dan mampu menjadi jembatan komunikasi antara designer dengan masyarakat. Bila digunakan secara bijak dan hati-hati maka akan sangat efektif mendukung layout design secara keseluruhan.
Ada pula kaitan emosi antara layout design suatu artwork dengan bentuk huruf yang dipakai. Karena masing-masing huurf pasti mempunyai karakter yang khas. Contoh paling sederhana adalah pemakaian huruf penulisan pada suatu surat. Surat yang baik tentu akan menyampaikan emosi si pengirim pada saat surat itu dibuat. Bila emosi si penulis surat itu sedang 'adem ayem' maka bentuk huruf yang digunakan biasanya adalah kombinasi antara huruf besar dan kecil secara proporsional, apapun bentuk fontnya dan sesuai aturan baku penulisan. Lain halnya bila si penulis surat sedang dalam kondisi marah atau emosi tinggi, biasanya dia akan menggunakan semua huruf besar di isi surat.

A.           Perbedaan Typeface dan Font

Typeface dan Font merupakan sesuatu hal yang saling berkaitan dimana Typeface adalah beberapa seri font atau huruf yang di-pacage atau dijadikan satu set menjadi sebuah family atau keluarga, sedangkan Font iyalah satu set huruf lengkap yang terdiri dari beberapa karakter seperti a sampai z, 0 sampai 9 dan tanda baca lain dalam berbagai macam ukuran dan gaya bentuk huruf. Semua itu telah mencakup set huruf, jumlah set dan semua karakter khusus dan tanda baca.
Ada beberapa tips ketika kita akan menggunakan typografi ke dalam sebuah dokumen atau artwork :
o   Jangan menggunakan lebih dari 3 jenis font di dalam dokumen.
o   Jangan menggunakan ukuran lebih besar dari 18pt untuk bagian Heading.
o   Gunakan ukuran lebih kecil dari 12pt untuk body text.
o   Gunakan tipe huruf Sans-Serif untuk body dan Serif untuk heading.
o   Gunakan warna kontras pada header untuk menarik perhatian.
o   Gunakan gaya Bold pada beberapa kalimat yang harus mendapat perhatian pembaca.
o   Atur kerning (Italic) agar dokumen mudah dibaca.

B.            Sejarah Georgia, Tahoma dan Helvetica Typeface



Georgia Typeface merupakan jenis huruf serif transisi yang dirancang pada tahun 1993 oleh Matthew Carter dan dimasukan oleh Tom Rickner kedalam Microsoft Corporation, sebagai font san serif pertama dilayar Microsoft. Microsoft merilis versi awal font ini pada tanggal 1 November 1996 sebagai bagian dari font inti untuk koleksi Web-web yang Kemudian, font tersebut  dapaketkan menjadi huruf tambahan pada Internet Explorer 4.0.
Georgia Typeface dirancang untuk kejelasan pada monitor komputer bahkan pada ukuran kecil, sebagian efektif karena besar x-hight. Typeface ini diberikan nama setelah munculnya sebuah tabloid yang berjudul "Alien heads found in Georgia".
Jenis huruf Georgia ini mirip dengan jenis huruf Times New Roman, tetapi dengan banyak perbedaan halus: ukuran huruf Georgia rentan lebih besar dari pada huruf Times New Roman , pada ukuran huruf yang sama dan memiliki persentase x-height yang lebih besar pada ukuran font yang sama sedangkan font Times New Roman sedikit lebih sempit. Georgia menggabungkan pengaruh dari  gaya tulisan Clarendon typeface, terutama di huruf b, r, j, dan c (huruf besar dan huruf kecil) kecuali angka. Georgia menggunakan gaya teks (old-style) figures sementara Times New Roman telah menggunakan gaya tulisan lining figures.
Sample Huruf :
The quick brown fox jumps over the lazy dog, 1234567890
The quick brown fox jumps over the lazy dog, 1234567890


Tahoma adalah jenis huruf sans-serif humanis (yang mendekati tulisan manusia) yang dirancang oleh Matthew Carter untuk Microsoft Corporation pada tahun 1994 dengan distribusi awal bersama dengan Verdana pada Windows 95.
Mirip dengan jenis huruf Verdana, Tahoma memiliki betuk huruf yang tipis, spasi huruf yang jauh lebih berdekatan, dan satu set karakter Unicode yang lebih lengkap. Tahoma pertama kali dirancang sebagai font bitmap, dan tipe outlines (garis besar) yang benar-benar "dibungkus rapi" di sekitar bitmap-nya. Ketebalan hutuf ini didasarkan pada lebar piksel ganda(double pixel). Tahoma sering dibandingkan dengan jenis huruf sans-serif Frutiger Humanis, dimana Dalam sebuah wawancara dengan Daniel Will-Harris, Matthew Carter mengakui akan adanya kemiripan dengan jenis huruf Centennial Bell sebelumnya.
Jenis huruf Tahoma juga telah menjadi default font yang digunakan oleh Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003 (menggantikan MS Sans Serif) dan juga digunakan untuk Sega Dreamcast's. Typeface ini sering kali digunakan sebagai alternatif typeface Arial.
Sample Huruf :
The quick brown fox jumps over the lazy dog, 1234567890
The quick brown fox jumps over the lazy dog, 1234567890


Jenis huruf Helvetica dikembangkan pada tahun 1957 oleh Max Miedinger dengan Eduard Hoffmann di Schriftgiesserei Haas'sche (Haas type foundry) dari Münchenstein, Swiss. Haas berangkat untuk merancang sebuah jenis huruf sans-serif baru yang dapat bersaing, dengan berawal suksesnya jenis huruf Akzidenz-Grotesk di pasar Swiss. Awalnya disebut Neue Haas Grotesk dimana, desainnya didasarkan pada Schelter-Grotesk dan Grotesk normal Haas. Tujuan dari desain baru adalah untuk menciptakan jenis huruf netral yang memiliki tingkat kejelasan yang lebih jelas dan mudah dibaca, tidak ada makna intrinsik dalam bentuknya, dan dapat digunakan pada berbagai macam signage (Sign System).
Ketika jenis huruf Linotype diadopsi jenis huruf Neue Haas Grotesk (yang tidak pernah direncanakan untuk menjadi serangkaian tipografi mekanik dan panas logam yang sempurna) pendesainan tersebut dikerjakan ulang dimana setelah sukses di Universitas-universitas, Arthur Ritzel mendesain ulang jenis huruf Neue Haas Grotesk menjadi keluarga yang lebih besar lagi.
Pada tahun 1960, nama jenis huruf yang telah diubah oleh perusahaan Stempel Jerman  Haas oleh Helvetica membuat jenis huruf ini menjadi lebih terkenal dan lebih laku di pasar internasional. Awalnya ide pemberian nama jenis huruf dengan sebutan 'Helvetia' karena berasal dari  nama latin asli Switzerland.
Sample Huruf :
The quick brown fox jumps over the lazy dog, 1234567890
The quick brown fox jumps over the lazy dog, 1234567890

No comments:

Post a Comment