Friday, October 1, 2010

Kelebihan dari Penggunaan Dynamik dsik




Macam-macam Dynamik Dsik yaitu:
-Simple volume,
-Spanned volume,
-Stripped volume,
-Mirrored volume,
-Raid-5 volume.


================================================================================================
Ø Simple volume:  menggunakan ruang kosong yang berasal dari satu hard disk. Dapat terdiri dari satu region dalam disk atau banyak region (penggabungan beberapa region). Simple volume dapat diperluas kedalam beberapa hard disk sehingga menjadi spanned volume. Sifatnya tidak fault tolerant dan bisa diperluas sesuka hati.   

Ø Spanned volume:  dibuat dari ruang kosong hard disk yang terhubung bersama dari banyak disk (maksimum 32 disk). Kelemahan:  Spanned volume tidak dapat melakukan mirror dan sifatnya tidak fault-tolerant,jika salah satu disk rusak maka data yang ada didalamnya tidak bisa bisa daimbil.

Ø Stripped volume:  dalam volume ini data tersebar pada dua atau lebih physical disks. Data dalam volume jenis ini dialokasikan secara berurutan dan datar pada setiap physical disk. Kelemahan  : Striped volume tidak dapat melakukan mirror ataupun diperluas dan sifatnya tidak fault-tolerant. Biasa dikenal dengan istilah RAID-0,dan pemakaian hardisk menjadi boros.

Kelemahan: tidak dapat diperpanjang atau cermin dan tidak menawarkan toleransi kesalahan, Jika salah satu disk berisi volume bergaris gagal, seluruh volume gagal, dan semua data pada volume bergaris menjadi tidak dapat diakses.

Ø Mirrored volume:  sifatnya fault-tolerant. Data diduplikasi ke dalam dua physical disks. Seluruh data dalam satu volume dicopy ke disk yang lain sehingga menimbulkan redundancy data. Jika salah satu disk mengalami kerusakan, data tetap dapat diakses dari disk yang satu lagi. Tidak dapat diperluas (hanya sebatas dua disk). Lebih dikenal dengan RAID-1.

Ø  Raid-5 volume:  merupakan volume yang sifatnya fault-tolerant. Data dibagi ke dalam beberapa array dari tiga atau lebih disks termasuk paritynya (nilai yang dapat digunakan untuk me-recreate data setelah terjadi kegagalan). Jika satu physical disk mengalami kerusakan, bagian dari volume RAID-5 yang terdapat dalam disk itu dapat dipulihkan dari data yang tersisa dan paritynya. RAID-5 tidak dapat melakukan mirror

-Kelemahan:  Minimum tiga hard disk drive. IDE, SCSI atau arsitektur campuran diperbolehkan,Semua disk yang terlibat dalam volume RAID-5 harus disk dinamis,Sistem operasi boot dan file sistem harus ada pada volume yang berbeda,Status seluruh disk yang terlibat dalam volume garis harus online ketika Anda membuat volume bergaris.

No comments:

Post a Comment